Sabtu, 15 Januari 2011

Ilmu Budaya Dasar

Ilmu budaya Dasar merupakan salah satu komponen dari sejumlah mata kuliah,yang merupakan mata kuliah wajib dari semua Perguruan Tinggi.Baik yang sifat nya Eksakta maupun non Eksakta.
Secara Khusus MKDU bertujuan untuk menghasilkan warga negara sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut :

1. Berjiwa pancasila ,sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengalaman nilai-nilai pancasila dan memiliki Integritas kepribadian yang tinggi ,yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemakmuran sebahai sarjana Indonesia.
2. Takwa terhadap Tuhan YME,bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya.
3. Memiliki wawasan Komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial maupun,ekonomi,politik,maupun kebudayaan.
4. Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-sama maupun berperan serta meningkatkan kualitas nya.

Pada Dasar nya mata kuliah bantu yang bertujuan untuk menopang keahlian Mahasiswa dalam di siplin ilmu nya. Demikian pula berbeda dengan pendidikan keahlian yang bertujuan untuk mengembangkan keahlian mahasiswa dalam bidang di siplin ilmunya.

PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR

Scara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah Pengetahuan yang di harapakan dapat memberikan Pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang Konsep-Konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Untuk mengetahui bahwa ilmu budaya dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya.
PROF,DR.Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dan kelompokan dalam tiga kelompok besar yaitu :

1. Ilmu-Ilmu Alamiah (Natural Science)
bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta untuk mengkaji hal itu di gunakan metode ilmiah .
Caranya :
Menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu.lalu di buat analisis untuk menentukan suatu kualitas.

2. Ilmu -Ilmu Sosial (Social Science)
bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia , untuk mengkaji hal itu di gunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah.

3. Pengetahuan budaya (The Humanities)
bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi , untuk mengkaji hal itu di gunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyataan yang bersifat Unik.

TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu budaya dasar tidak di maksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk di dalam pengetahuan budaya.untuk menjangkau tujuan Ilmu budaya Dasar di harapkan dapat :

1. Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa trhadap lingkungan budaya ,sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru ,terutama untuk kepentingan profesi mereka.
2. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya.
3. Mengusahakan mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang masing-masing . tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan.
4. Mengusahakan wahana komunikasi pada akademisi agar mereka lebih mampu ke dialog satu sama lain.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com