Minggu, 04 Mei 2014

Mau Jadi Mahasiswa Seperti Apakah Anda ? (Tulisan Berbahasa Indonesia Ke-4)

Jadi mahasiswa emang enak kok, gak usah pake seragam, gak ada tata tertib kaya disekolah yang terlalu mengikat dan ketat, boleh bawa hape tanpa harus ngumpet-ngumpet takut kena razia hape sama ibu bapak guru, boleh dandan semau kita asal masih sopan, dan masih banyak hal enak lainnya.

Ketika kita jadi mahasiswa baru apalagi, beuh senengnya anak sma yang katanya masih anak ingusan sekarang udah gak ada lagi tuh ingusnya. Emmm dalam arti udah gak ada lagi tuh anak baru gede. Sekarang udah jadi MAHASISWA, yang dalam artinya MAHA itu ‘GEDE’ SISWA itu ‘PELAJAR’ jadi kalo disatuin ‘GEDEPELAJAR’, salah juga ya, maksudnya siswa yang udah gede, itu salah juga... bisa jadi sih artinya gitu. Oke gue jelasin lagi sekarang. Mahasiswa itu artinya siswa yang sudah keluar atau menamatkan Sekolah Menengah Atas atau SMA lalu dia meneruskan sekolahnya ke jenjang Perguruan Tinggi baik negeri atau swasta. 

Nah masuk kuliah juga gak gampang loh, kalau kalian mau masuk negeri kalian harus lebih giat belajar lagi untuk bersaing masuk Perguruan Tinggi yang kalian inginkan. Swasta juga ada tes masuknya juga loh jadi kalian harus belajar juga.

Setelah kalian diterima masuk. Kalian akan jadi Mahasiswa Baru emm tapi masih calon katanya. Kalau belum ospek sih belum mahaisiswa katanya sih gitu. Kalian isi tuh persyaratan bla bla bla setumpuk apalah itu. Setelah itu OSPEK dan akhirnya kalian diterima juga deh à Mahasiswa Baru ceritanya.
Mahasiswa Baru itu masih bingung tentang IPK gimana DOSEN dan KULIAH. Udah gak usah bingung nanti juga bisa sendiri. Yang jadi masalah utamanya adalah setelah kalian menjadi MAHASISWA kalian mau jadi MAHASISWA yang kaya gimana dulu nih? 

Tipe Mahasiswa itu ada beberapa macam, yuk simak dulu. Tipe mahasiswa versi Lisna Listiani:
1.      Mahasiswa Kupu-Kupu
Mahasiswa jenis ini. Eh mahasiswa tipe ini merupakan mahasiswa dalam golongan I artinya mahasiswa yang Cuma berangkat kuliah terus duduk di kelas, dengerin dosen ceramah, nyatet kuliah (bisa jadi juga gak nyatet) kuliah selesai, pindah kelas lagi terus duduk, dengerin dosen ceramah dan lainnya setelah kuliah selesai dia balik ke kos. Tidur. Kebanyakan mahasiswa baru yang belum tahu dia mau ngapain pasti kaya gini. Biasanya mahasiswa jenis ini gak tertarik mengikuti kegiatan mahasiswa di luar jam kuliah. Ya mungkin banyak alasan misalnya faktor ‘M’ alias males gitu lah. Emm tapi ane saranin jangan jadi mahasiswa kupu-kupu ya. Gunakan waktumu dengan benar mumpung masih muda.

2.      Mahasiswa Setengah Kupu-Kupu
Mahasiswa jenis ini merupakan mahasiswa yang gak beda jauh sama karakteristik mahasiswa golongan I tadi di atas. Mahasiswa ini sih masih ada peningkatan dari pada mahasiswa di atas. Walaupun peningkatannya dalam artian gini, mahasiswa berangkat ke kampus, ikut kuliah, duduk, dengerin dosen ceramah, dan kuliah selesai dia pulang. Tapi biasanya sebelum pulang dia mampir dulu misalnya main dulu ke kos temen atau dia mampir dulu ke mana gitu. Nah baru deh dia pulang. Atau bisa jai dia abis pulang dia langsung main. Ya gitu lah ada peningkatan walaupun sedikit.

3.      Mahasiswa Setengah Sibuk
Mahasiswa setengah sibuk ini bisa dikategorikan menjadi dua macam, antara lain mahasiswa yang mengikuti kegiatan atau mahasiswa yang kerja. Mahasiswa setengah sibuk ini biasanya mahasiswa yang mengikuti kegiatan mahasiswa misalnya hima atau kegiatan lainnya. Katanya buat mengisi kekosongan atau buat nambah pengalaman organisasi. Tapi mahasiswa ini gak terlalu seibuk-sibuk banget sih walaupun ada kegiatan mahasiswa namanya juga Cuma mengisi kekosongan aja. Dia ikut kegiatan tapi dia masih selow aja hidupnya. Kalau mahasiswa yang kerja dia niat kerja juga biasanya untuk mengisi kekosongan. Tapi kerjanya gak terlalu sibuk banget buktinya dia masih bisa jalan-jalan dan hangout sama teman-temannya.

4.      Mahasiswa Sibuk
Mahasiswa yang dia mengikuti kegiatan atau dia kerja. Dia bisa fokus pada kerjaan atau kegiatan dia tapi masih bisa menyeimbangkan kuliah dan kegiatan atau kerjaan dia. Biasanya jadwalnya padat susah banget buat diajak main. Wah pokoknya sibuk lah. Tapi ya masih ada lah waktu luangnya.

5.      Mahasiswa Super Sibuk
Wah mahasiswa ini udah golongan v, udah bener-bener sibuk antara kuliah, kegiatan atau kerjaannya deh. Jadwalnya padat merayap susah banget buat diajak main. Salut banget sama mahasiswa yang super sibuk ini. Semangat temans.

Nah dari karakteristik di atas kalian mau jadi mahasiswa yang seperti apa? Tinggal pilih aja. Tentukan pilihan kalian. Ikuti apa yang kalian kehendaki tapi dalam aspek yang positif aja yang negatif dibuang aja. Dan sekali lagi kembali ke diri anda masing-masing. 


0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com