Sabtu, 13 Oktober 2012

Analisis JURNAL 2

Judul :
Pengaruh Promosi Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian Kecap Bango pada Mahasiswa Universitas Gunadarma.

Pengarang :
Kania Sekar Asih (Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma).

Tahun :
2010

Latar Belakang :
Seiring dengan berjalannya waktu, makin banyak produk yang dihasilkan oleh suatu produsen dalam menciptakan inovasi baru di bidang kuliner. Indonesia terkenal dengan kuliner yang beragam. Mulai dari yang memiliki cita rasa manis, asin, pedas dan gurih.
Selain produknya yang harus memiliki cita rasa yang unik, produsen tersebut harus memiliki promosi yang bagus pula untuk menyebarkan produk mereka agar dapat diterima oleh konsumen.
Promosi dapat dilakukan melalui iklan televisi maupun secara bertatap muka langsung dengan konsumen. Promosi dengan iklan lebih menguntungkan dibanding dengan promosi secara bertatap muka langsung dengan konsumen dikarenakan promosi dengan iklan di televisi akan disiarkan di seluruh stasiun tv dan tersiarkan di seluruh pelosok negeri. Dengan begitu produk akan diketahui oleh seluruh masyarakat melalui iklan tersebut.
Hasil penelitian tentang promosi yang mempengaruhi keputusan pembelian telah banyak dilakukan.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis memilih judul “Pengaruh Promosi Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian Kecap Bango pada Mahasiswa Universitas Gunadarma”.

Masalah :
1. Adakah pengaruh promosi iklan televisi terhadap keputusan pembelian Kecap Bango?
2. Adakah pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian Kecap Bango?

Tujuan :
1. Untuk mengetahui pengaruh promosi iklan televisi terhadap keputusan pembelian Kecap Bango.
2. Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian Kecap Bango

Metodologi :
Data dan Variabel :
Data ; Data Primer dan Data Sekunder
Variabel ; Promosi (X1), Kualitas Produk (X2), Keputusan Pembeli (Y)
Model Penelitian : Variabel Bebas (X) dan Variabel Terikat (Y)

Kesimpulan :
Berdasarkan data dari uraian yang telah dikemukakan pada bab-bab sebelumnya maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Berdasarkan perhitungan analisis regresi berganda diketahui bahwa kualitas produk (X2) lebih berpengaruh terhadap keputusan pembelian kecap Bango pada mahasiswa Universitas Gunadarma daripada promosi (X1).
2. Ada pengaruh yang signifikan antara promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kecap Bango pada mahasiswa Universitas Gunadarma.
3. Berdasarkan perhitungan koefisien determinan (R2) besarnya pengaruh yang diberikan produk dan promosi terhadap keputusan pembelian kecap Bango pada mahasiswa Universitas Gunadarma sebesar 20.4%.

Saran :
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan menyampaikan saran-saran sebagai berikut:
1. Produsen diharapkan tetap mempertahankan kualitas produk, sebaiknya produsen memberikan pelayanan yang dapat memuaskan konsumen, mempertahankan rasa dari produk, melakukan pengemasan yang baik, dan tidak mengganti nama atau merek produk yang sudah dikenal konsumen
2. Produsen diharapkan lebih meningkatkan kegiatan-kegiatan dalam berpromosi yang pada saat ini banyak dilakukan dengan melakukan terobosan-terobosan baru. Kaitannya dengan semakin mengenalkan produk kepada kosumen dengan maksud agar konsumen lebih mengenal produk tersebut dan akhirnya mereka membeli kemudian menjadi pelangan tetap.



0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com