Sabtu, 13 Oktober 2012

Analisis JURNAL 3

Judul :
Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo (Studi Kasus Pada Masyarakat Tanah Baru Depok).

Pengarang :
Octaviani Palantupen (Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma).

Tahun :
2010

Latar Belakang :
Perilaku pembelian seseorang dapat dikatakan sebagai sesuatu yang unik, karena preferensi dan sikap terhadap objek setiap orang berbeda. Selain itu konsumen berasal dari beberapa segmen, sehingga apa yang diinginkan dan dibutuhkan juga berbeda.
Iklan adalah suatu wacana yang memberikan efek kepercayaan bagi pelanggan khususnya untuk produk-produk yang masih baru ataupun produk-produk yang memerlukan kepercayaan serta kredibilitas tinggi untuk diyakini oleh konsumen akan kualitas dan kinerja produknya. Iklan hanyalah salah satu contoh untuk mengenalkan produk atau jasa yang ingin di pasarkan kepada pasar sasaran. Namun iklan sangat berperan penting dalam dunia pemasaran. Tujuan iklan sangat tergantung dari setiap perusahaan, baik untuk menginformasikan, membujuk, atau mengingatkan.
Dalam hal pengambilan keputusan membeli shampoo sangat banyak faktor yang mempengaruhi konsumen, baik itu selera, pendapatan, gaya hidup atau bahkan promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Promosi merupakan suatu hal yang penting yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk menarik perhatian, menimbulkan interest, menimbulkan minat untuk membeli dan akhirnya adanya tindakan dari konsumen.
Iklan bisa digunakan untuk membentuk citra jangka panjang sebuah produk dan juga untuk menggerakkan penjualan cepat. Iklan merupakan cara efisien untuk mencapai banyak pembeli yang secara geografis tersebar. Iklan haruslah dilaksanakan dalam skala cukup besar untuk membuat kesan yang efektif terhadap pasarnya. Dari berbagai macam media yang ada, banyak pengiklan yang memandang televisi sebagai media yang paling efektif untuk menyampaikan informasi.
Pengiklanan di media televisi hingga kini masih dianggap cara paling efektif dalam mempromosikan produk terutama di Indonesia yang masyarakatnya masih brand minded dimana merek yang pernah muncul di iklan ditelevisi lebih digemari daripada yang tidak diiklankan di televisi, tidak hanya merek yang mendapat perhatian konsumen dalam suatu iklan, celebrity endorser (selebriti) yang digunakan pada iklan yang juga dapat menimbulkan persepsi konsumen sehingga menimbulkan suatu keyakinan yang kuat dan minat sehingga memperkuat keputusan pembelian konsumen akan produk tersebut. Periklanan yang dilakukan pun mencakup pada setiap media baik media cetak atau media elektronik. Strategi promosi yang diterapkan oleh suatu perusahaan berhasil dalam membangun kesadaran mereknya.

Rumusan Masalah :
1. Apakah variabel merek berpengaruh signifikan terhadap keyakinan?
2. Apakah variabel celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keyakinan?
3. Apakah variabel persepsi berpengaruh signifikan terhadap keyakinan?
4. Apakah variabel keyakinan berpengaruh signifikan terhadap minat?
5. Apakah variabel minat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian shampo?

Tujuan penelitian :
Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah :
1. Untuk menguji apakah variabel merek berpengaruh signifikan terhadap keyakinan.
2. Untuk menguji apakah variabel celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keyakinan.
3.Untuk menguji apakah variabel persepsi berpengaruh signifikan terhadap keyakinan.
4. Untuk menguji apakah variabel keyakinan berpengaruh signifikan terhadap minat.
5. Untuk menguji apakah variabel minat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian shampoo.

Metode Penelitian :
1. Teknik Analisis
2. Uji Validitas
3. Uji Reliabilitas

Kesimpulan :
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah penulis lakukan, diketahui bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel merek, celebrity endorser, persepsi, keyakinan dan minat. Dimana nilai variabel keyakinan dan minat terbukti sebagai variabel mediasi yang menghubungkan antar variabel terhadap keputusan pembelian.
Dengan adanya hasil pembahasan yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa keyakinan dipengaruhi oleh merek, celebrity endorser, dan persepsi, jika keyakinan semakin besar mempengaruhi konsumen maka semakin kuat keyakinan yang dimiliki oleh konsumen untuk dapat menimbulkan minat konsumen dalam membuat keputusan pembelian akan produk shampoo melalui iklan.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com